kenapa äiti?

Masih cerita seputar Kai, kali-kali aja ada yang nanya kenapa gue dipanggil äiti? (yang selanjutnya gue tulis aiti aja ya berhubung laptop gue gak ada huruf ä nya)

Apa? Gak ada yang nanya? Yah gak papa juga gue tetep cerita, namanya juga narseeesss

Dari dulu jaman masih perawan gue selalu yakin kalo punya anak gue bakal dipanggil mama. Secara gue manggil nyokap mama, temen-temen gue manggil emaknya mama, hampir semua orang yang gue kenal manggil ibunya dengan sebutan mama. Pokonya semua ibu-ibu itu ya harus dipanggil mama dong, pikiran luguku berkata waktu itu.

Ternyata waktu tau akyu dihamili oleh si bule Finlandia akyu malu sekali kalo harus ngomong sama si cabang bayi (yang masih di dalam perut) sambil menyebut diri ini mama. Langsung kebayang muka emak gue, kesannya gue mengambil titah kebesaraan doi gituuu. Lha kok gue jadi merasa bersalah? Jadi dipanggil apa dong yaaa??? Bunda? Kan lagi nge-trend tuh. Kita semua tau lah ya yang kaya gue ini kagak ada potongannya dipanggil bunda. Bisa kaget dunia persilatan kalo gue nekad pake panggilan bunda. Akika berasa kurang ayu dan kurang anggun buat dibunda-bundain.

Kalo ibu gimana? Nah, sempet nih jadi kandidat utama nama panggilan buat gue. Tapi langsung berasa kurang sreg waktu Dite bilang “Formal amat, Rik…kaya manggil ibu guru”. Yaaaah, Diteeeee….gue kan jadi ragu lagi.

Waktu Kai lahir teteeeeeeep gue masih bimbang antara ibu ataukah tetep pake mama? Atau mami? Kai umur dua bulan masih aja gue bingung, kadang pake ibu, kadang mama, kadang aiti mengikuti Mikko yang selalu menyebut gue aiti. Sempet pasrah dan berniat nunggu Kai bisa ngomong aja biar nanti dia sendiri yang nentuin mau manggil gue apa.

Akhirnya Mikko gak tahan liat gue bingung-bingung, doi pun bertitah “Udahlah, pake aiti aja biar kita sepasang. Aku isi, istri aiti”. Lansung gue legaaaaaa banget. Emang pada dasarnya gue suka bingungan jadi seneng aja kalo ada yang ambil keputusan buat gue. Jadilah kami ini sepasang isi dan aiti.

Udah dong, ya. Lega dong?

Ternyata gak jugaaaaaaaaaa……

Biarpun di rumah gue lancar ber aiti-aiti- an tapi begitu keluar pager langsung berasa gak pede. Mental inlander gue yang tak kunjung padam ini suka berasa minder kalo lagi berada di sekitar kaum buleleng. Gue yang penampakannya asia bin bonsai ini rasanya gak pantes banget menyandang status aiti, sok kebulay-bulayan banget sih. Jadilah kalo ngomong sama Kai penggunaaan kata aiti harus diminimalkan, sebisa mungkin disebut perlahan sambil berbisik-bisik. Dasar inlander!

Jadi gimana dong ya? Harus bingung2 lagi kah gue?? Kembali ke mama? Ibu? Enyak? Gak nyangka deh, masalah nama panggilan aja bisa bikin pusiang tujuih keliliang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: