satu tahun, satu minggu, satu hari

27 Desember kemarin usia Kai tepat satu tahun, saat gue nulis ini usianya tepat satu tahun, satu minggu dan satu hari. Gak ada perayaan besar-besaran, yang kecil-kecilan pun juga gak ada. Niatnya sih mau dibikin spesial sedikit gitu, misalnya bikin kue, pasang lilin, foto bertiga-tigaan, atau apalah…tapi eh tapi…di hari H gue malah tepar batal sudah segala niat mulia. Maaf ya Kai, insya Allah tahun ini ulang tahunnya bisa lebih meriah.

Walaupun tanpa perayaan tapi ulang tahun Kai ini sungguh gue nanti-nantikan, lebih daripada menantikan ulang tahun sendiri (tumbeeeen). Hebat banget loh rasanya bisa melewati satu tahun bersama Kai. Jadi ibu, jadi orang tua bersama si mister Marttinen, melihat Kai yang tadinya bayi kecil merah gak bisa apa-apa sekarang jadi anak yang lucu dan heboh calon pelawak kondang.

Milestone yang dinanti-nantikan, alias mulai jalan, belum terwujud. Si bocah masih hobi merangkak dan sama sekali gak mau dititah. Bicara juga belum, ngomongnya sih banyak tapi masih ber “dadaddaaa tatatataa baaaaa” walopun udah mengerti beberapa kata seperti “tepuk tangan” “duduk” “cium”. Udah mulai suka meniru-niru juga. Kalo liat hape langsung dibawa ke kupingnya trus ketawa-tawa sendiri, tapi begitu beneran ada suara dari hapenya langsung takut. Suka rebutan remote sama gue, kirain mau diapain ternyata mau ikutan ngacung-ngacungin remote ke tivi.

Yang paling menakjubkan buat gue dan Mikko tuh ngeliat Kai senang sekali sama buku. Padahal tadinya gue udah  merasa bersalah karena waktu dia kecil dulu gue males bacain buku buat dia, udah terlalu cafe soalnya, gak ada lagi tenaga buat baca-baca buku. Belakangan ini ternyata anaknya mulai tertarik sama buku, apalagi kalo bukunya yang interaktif gitu, yang ada pop-up nya atau ada bagian-bagian yang bisa dimainin…waaaaaaah, udah deh…bacanya harus sampe bibir doer, diulang-ulang terus. Pernah tuh Mikko bacain buku Maisa tujuh kali berturut-turut, setiap kali selesai bukunya ditaro lagi di tangan Mikko, pemaksaan buat baca ulang. Setiap kali liat buku Maisa gue sama Mikko langsung lirik-lirikan, giliran siapa nih yang harus baca? Untungnya sih Kai lebih suka minta dibacain sama Mikko jadi gue agak aman.

Kalo yang gak disuka? Adaaa…Kai gak suka banget nemenin gue belanja. Amfuun deeeh, anak bapaknya banget. Kalo cranky-nya lagi kumat, baru aja gue dorong stroller menuju Mango/Zara/H&M langsung anaknya nangis-nangis. Tapi kalo gue bawa tempat-tempat lain non belanja kok kalem? O Em Jiii, ane jadi susah kalo mau buang-buang fulus ini (kaya banyak aja).

Temen-temen gue yang nyelamatin Kai bilang “gak kerasaaaa yaaaa…cepet banget tau-tau udah gede aja” Iya dan gak. Emang masih seger diingetan gue jaman pasca lahiran dulu tapi gue juga inget masa-masa kelam begadang tiada henti, lecet-lecet karena menyusui, Kai yang nangis mulu tiap saat…bener-bener deh saat itu gue pengen banget Kai cepet-cepet besar, kan kata orang-orang “it will get easier”

Apakah bener “it gets easier?” Iya dan tidak. Masalah menyusui dan nangis-nangisan memang jauuuuuh berkurang. Begitu Kai bisa merangkak doi jadi lebih kalem karena udah bisa menghibur dirinya sendiri. Kayanya dulu-dulu dia pengen begini begitu tapi apa daya badan susah bergerak. Sekarang mah gampang, aitinya pergi dikit…seeettttt…langsung ngebut kejer aiti. Udah tertarik sama banyak hal seperti buku, mainan, panci, sendok, koran, lemari, makanan, dll. Kalo gue mau sibuk-sibuk sedikit tinggal lempar telepon trus anaknya langsung asik berkutak kutik, lumayan gue bisa cuci piring.

Tapi tentunya ada juga bagian-bagian yang lebih sulit seiring dengan pertambahan usia Kai. Misalnya sekarang, anaknya udah bisa marah. Kalo mau sesuatu kudu musti dapet, kalo ga dikasih ngamuk deh. Nangis, mukul-mukul, gigit, sampe nyakar-nyakar muka gue juga sering. Apalagi sekarang nangisnya makin heboh, pake acara nunduk-nunduk kaya orang minta ampun. Kadang sampe sujud-sujud segala. Drama!!!! Tapi gue tau, kebanyakan nangisnya cuma palsu, cuma nangis manja minta diturutin aja. Masa bisa ditengah-tangah nangis tau-tau doi bilang “BAAAAAAAA”. Asli ini lucu banget!!!

Problem rumah gue yang suka berantakan sekarang pun makin tanpa solusi. Sejak bisa berdiri si anak kecil ini suka banget inspeksi lemari dan laci-laci di rumah. Isinya dikeluarin satu-satu terus dimasukin lagi ke tempat-tempat yang cuma dia sendiri yang tau. Kerjaan gue deh tuh tiap hari cari-cari sendok.

Belum lagi kalo ngomongin ganti baju. Harus pake keringetan itu!! Pake acara kejer-kejeran sementara anaknya dengan girang merangkak kesana kemari sambil telanjang. Kayanya prestasi banget kalo bisa ngiderin rumah sambil bugil.

Tapi yang paling mengharukan tentunya liat hubungan Kai dan isi-nya. Setiap bangun pagi Mikko menyapa Kai dengan ucapan “Kaiiii…isin paras kaveri” (Kai..isi’s bestfriend), kadang sambil nyanyi-nyanyi

“Isin paras kaveri on Kai

Kai on isin paras kaveri”

Kalo lagi main sama isinya…wuuuuuuu…kaya lagi nonton lenong, ketawanya seru banget. Malah sekarang gue udah bisa ninggalin Kai dan isinya berdua aja. Guenya me-time ngelayap ke Helsinki, Kai main-main sama isi di rumah. Kadang kebalik, Kai diajak pergi nonton tinju sama isinya sementara gue jaga gawang di rumah.

Niat sih kalo me-time begitu pengen gue pake  buat tidur, bikin kue, atau bikin karya masterpiece apa kek. Tapi biasanya begitu dapet me-time di rumah gue malah euforia, segala macem mau dikerjain. Mau tidur iya, mau nonton film iya, mau ngeblog iya, mau bikin kue iya, mau bersihin rumah iya juga…ujung-ujungnya paling cuma ngenet berjam-jam *lhaaaaa*

Me-time yang benar-benar indah kayanya masih jauuuuuhhh di depan gue. NungguKai kuliah dulu kali. Satu tahun bersama Kai gue masih aja begadang tiada henti (sungguh sleep training yang tidak konsisten), masih aja kecapean dan masih suka marah meledak-ledak (ke suami) kalo capeknya bener-bener udah gak nahanin. Tapi kayanya semua terbayar kalo ngeliat Kai ketawa atau liat ekspresinya kalo lagi ngeden. Priceless banget. Apalagi kalo Kai udah cium-cium gue, suka banget anak itu bangunin gue pake cium-cium…meleleh deh hati gueeeeee. Aiti sayaaaaaaaaaaaang banget sama Kai.




One comment

  1. Ka,Lucu bgt sih penulisannya.. hehehe menghibur bgt baca blog km.. si Kai juga lucu bgt 🙂 dnamain Kai krna lamaran kalian di Kei islands ya?hehehe buat mengenang gtu cielah

Leave a Reply

